Rabu, 18 November 2015

PULAU PASIR/GOSONG LOMBOK TIMUR


                                        PULAU PASIR /GOSONG LOMBOK TIMUR





Pulau Pasir/Gosong adalah gundukan pasir yang muncul di tengah lautan, ada yang selalu muncul atau Cuma kadang kadang muncul tergantung pasang surut air laut. Hal seperti ini banyak terjadi di seluruh dunia dan tak terkecuali Lombok, di Lombok sendiri sepengetahuan saya ada di beberapa tempat, yaitu di Pantai Pengantap (Biras Bosang), di Pantai Sira, di Sekotong (sebelum Gili Gede), di deket Gili Kondo, dan di deket Gili Maringkik.


Untuk mencapai Pulau Pasir ini,ada dua akses yang bisa digunakan untuk menyebrang melalui Dermaga Telong-Elong dan Tanjung Luar, Dermaga Tanjung Luarsering digunakan untuk menyebrang ke Pulau ini.karena Dermaga Tanjung Luar dan Pulau Pasir berjarak hanya 15 menit perjalanan saja kita sudah sampai di Pulau Pasir ini.Tapi perlu diingat pulau ini keberadaannya terpengaruh pasang surut air laut, jadi tidak setiap saat dia kelihatan.
Setelah sekian lama menjelajah Lombok, akhirnya saya bisa lagi dibuat terperangah oleh pemandangan indah pulau ini, komposisi pemandangan di depan mata ini sangat memukau , kombinasi antara pantai yang tenang, hamparan pasir putih yang membentuk corak berkelak kelok,banyak bintang laut berceceran disana sini, plus binatang panjang lunak semacam cacing raksasa.
Sedangkan di ujung sana terlihat satu gili yang gersang, menurut warga sih namanya Gili Kere/Kahona, gak tahu ya kenapa dinamakan Gili Kere,jika kondisi laut sedang pasang, pulau pasir ini akan hilang, dan hanya Gili Kere yang masih terlihat sendiri. .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar