Kamis, 19 November 2015

GILI SUNUT

                                                                
                                                                     GILI SUNUT 



Gili Sunut memang agak tersembunyi. Itulah yang membuat pulau kecil ini tidak banyak dikenal oleh wisatawan dan warga Lombok sendiri. Gili Sunut berada lumayan jauh dari pusat kota, tersembunyi di Lombok Timur bagian selatan. Jaraknya sekitar 75 km dari Mataram, atau jika berkendara membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Sedangkan jika dari Bandara Internasional Lombok membutuhkan waktu 1,5 jam perjalanan. Jangan berharap ada angkutan umum untuk mencapai Gili Sunut, lebih baik menyewa mobil atau motor. Gili Sunut sebenarnya tidak jauh dari Tanjung Ringgit, Tanjung Bloam dan Pantai Tangsi. Untuk mencapai Gili Sunut memang membutuhkan perjuangan ekstra karena akses jalan yang rusak. Bahkan kondisi jalan 2 km mendekati lokasi masih berupa tanah.


Nah, keunikan Gili Sunut adalah karena untuk mencapainya kita tidak perlu menyeberang memakai sampan atau perahu. Antara Gili Sunut dan pulau Lombok hanya dipisahkan oleh sebuah selat dangkal yang akan berubah menjadi jalanan pasir saat air laut surut. Pada saat pasang, tinggi air laut hanya sebatas paha orang dewasa. Air laut akan surut dari pagi hingga siang menjelang sore dan kembali pasang pada malam haru. Jadi, Anda sebaiknya berkunjung ke Gili Sunut di pagi hari agar dapat menyeberang menuju pulau kecil ini dengan mudah.


Kini, Gili Sunut hanya ditempati sekitar 109 kepala keluarga. Penduduknya bermata pencaharian nelayan. Cuaca yang sangat panas membuat pulau ini cocok untuk tempat berjemur. Daya tarik Gili Sunut adalah pantai yang sangat indah di belakang pulau. Pantainya berpasir putih dengan air laut yang hijau kebiruan. Kita juga bisa leluasa untuk bermain, berenang dan bermalas-malasan di bibir pantai yang landai. Tinggi gelombang di pulau ini hanya berkisar 0,2 – 0,5 meter, aman bagi Anda yang ingin mengajak anak-anak untuk bermain di tepi pantai. Pulau dan gili- gili di seberang Gili Sunut menghalangi ombak besar samudera Indonesia datang. Kondisi inilah yang membuat kegiatan olahraga air seperti banan split dan snorkling cocok dilakukan di Gili Sunut. Pantainya masih sangat bersih, karenanya Anda masih bisa melihat sekawanan ikan bergerombol dan hilir mudik dari permukaan air. Jika ingin sensasi lebih, naiklah ke atas bukit kecil, keindahan pantai Gili Sunut terasa jelas dari ketinggian. Oya, tempat ini juga menyimpan potensi pengembangan budidaya mutiara. Budidaya kerang mutiara terletak di sebelah timur Gili Sunut.


Tertarik dengan pesona Gili Sunut? Dari Mataram arahkan kendaraan Anda menuju Praya. Dari Praya menuju ke desa Pemokong Kecamatan Jerowaru. Gili Sunut berjarak sekitar 2 km dari Pemokong. Tidak banyak penunjuk jalan di kawasan ini jadi sebaiknya sering-seringlah bertanya kepada warga setempat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar