Rabu, 25 November 2015

KERAJINAN KETAK LOMBOK



                                                   KERAJINAN KETAK LOMBOK




Kerajinan ketak Lombok ialah salah satu kerajinan tangan yang sangat terkenal di daerah Lombok NTB belakangan ini. Kerajinan yang dibuat dari bahan dasar tanaman yang disebut “ketak” ini yang merupakan tanaman keluarga paku – pakuan yang biasanya menjalar pada tanaman induk. Ketak dapat dianyam/ dijalin kemudian dibentuk menjadi berbagai macam kerajinan tangan seperti nampan, tempat tissue, tempat buah, dan yang paling banyak diminati oleh kaum hawa ialah tas, yang selain bernilai seni tinggi juga berguna dalam kehidupan sehari hari. Anyaman ketak ini mulai berkembang di kabupaten Lombok barat pada tahun 1986, tepatnya di Desa Nyurbaya gawah,Desa Batu Mekar. Kecamatan Lingsar, karena melimpahnya ketersediaan bahan baku ketak sehingga dimanfaatkan oleh masyarakat disana. Baru kemudian pada tahun 1988 pemerintah mulai memperhatikan kerajinan tangan yang termasuk dalam sector industry rumahan ini, dengan melakukan berbagai pembinaan, pelatihan keterampilan, pengembangan design, serta melakukan pameran local dan nasional, sehingga anyaman ketak ini mulai dikenal dan berkembang mulai dari Lombok barat, tengah hingga Lombok timur dan kini banyak dipasarkan ke berbagai wilayah wisata seperti Bali, yang kemudian merambah hingga ke mancanegara seperti German, Inggris, Ferancis dan beberapa Negara berkembang lainnya.


Karena designnya yang unik, kerajinan tangan yang satu ini semakin banyak diminati khususnya oleh para ibu ibu atau wanita yang ingin tampil beda. Bagi para kaum hawa yang tidak begitu banyak memiliki waktu luang,

 

Industry kerajinan tangan/ anyaman ketak ini menawarkan produk produk anyaman ketak yang memiliki design yang unik dan terkenal karena keawetannya dan kemampuannya dibentuk sesuai dengan keinginan para pelanggannya. Selain pilihan barang yang beragam, produk asli buatan indonesia ini juga ramah lingkungan karena dibuat dari bahan full organic.Selain menawarkan berbagai macam produk anyaman ketak, kerajinan ini yang biasanya banyak dikerjakan oleh ibu ibu di daerah sekitar Dusun Nyurbaya Desa Batu Mekar ,Dusun Presak Karang Bayan Kecamatan Lingsar Lombok Barat, yang sampai saat ini masih terus eksis memasarkan hasil kerajinan anyaman tersebut baik ke daerah bali, bahkan hingga di exspor ke mancanegara terutama ke Jepang.

 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar