Kamis, 19 November 2015

PANTAI SIRA

                                                                     PANTAI SIRA




Pantai Sira adalah salah satu destinasi wisata yang cocok untuk Anda yang sudah berkeluarga. Anak-anak pasti akan senang bermain di hamparan pasir putihnya sambil berlarian di pantai dengan ombak yang landai ini.
Air pantai Sira sangat jernih dan bening. Ombaknya tak membahayakan saking tenangnya. Bagi yang suka snorkling untuk melihat terumbu karang yang indah, pantai Sire Medana-lah tempatnya. Tidak itu saja, kecantikan bawah lautnya yang masih terjaga membuat ikan-ikan senantiasa hilir mudik membuat siapapun tergiur untuk menyelam. Pantai Sira berada di Desa Sigar Penjalin,Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, tepatnya 35 km dari Mataram, Nusa Tenggara Barat. Kebersihan dan kelestarian pantai ini masih sangat terjaga. Tanpa menyelam dan snorkling pun Anda sudah bisa menyaksikan ikan-ikan yang kadang muncul di permukaan. Tempat ini menawarkan titik – titik selam yang masih sangat lestari. Dengan menyewa peralatan selam kita bisa menjelajani pemandangan laut yang indah.


Bagi yang gemar memancing, Anda juga bisa memuaskan hobi Anda dengan menyewa perahu untuk mendapatkan spot-spot yang mengundang strike. Pantai ini juga memiliki hamparan rumput hijau yang lapang dan dipanyungi pohon kelapa, sehingga cocok untuk lahan bermain anak-anak. Beberapa wisatawan bahkan menghabiskan waktu untuk bermain voli dan sepakbola di tepi pantai.


Uniknya pantai Sire Medana juga menjadi halaman bagi Lombok Golf Country Club. Pengunjung pusat golf mewah ini tidak hanya disuguhi fasilitas yang lengkap namun juga view yang mempesona. Lengkaplah sudah pengalaman bermain golf Anda. Tidak itu saja, panorama sunrise pantai Sire Medana juga indah dan sering diburu para penghobi fotografi. Matahari yang terbit di titik ini berlatarkan Gunung Rinjani yang megah. Bagi yang baru pertama kali melakukan photo hunting, mungkin keindahan ini membuat Anda terpana sejenak. View sunrise sangat singkat, jangan Anda sia-siakan peristiwa ini. Lebih baik datang pada saat matahari belum mengintip sehingga Anda punya banyak waktu untuk mempersiapkan segala peralatan. Penduduk Sira jug terkenal sangat ramah terhadap para wisatawan baik yang berasal dari luar negeri ataupun dalam negeri. Keindahan pantai Sira  sudah diakui hingga mancanegara. Pada tahun 2009 lalu tepatnya pada 26 September 2009, pantai ini dikunjungi 120 kapal pesiar dari 30 negara di Asia, Eropa dan Amerika. Mereka pun kagum dengan keindahan pantai ini

.
Setiap setahun sekali, pantai Sira digunakan sebagai tempat untuk melarung sesaji. Acara ini diisi juga dengan hiburan rakyat berupa kesenian tradisional dan hiburan musik. Pada event seperti pantai akan dipenuhi oleh masyarakat dan agenda atraksi budaya yang meriah.
Untuk mencapai tempat ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Mataram dengan menggunakan mobil maupun motor. Anda sebaiknya menyewa kendaraan karena angkutan umum yang lewat hingga pantai Sira sangat jarang. Jika Anda berangkat dari Bali, pantai Sire bisa dicapai dengan menggunakan kapal fery dari Padang Bai menuju Pelabuhan Lembar dan meneruskan perjalanan dengan taksi maupun bus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar