Kamis, 26 November 2015

KERAJINAN BAMBU GUNUNG SARI


                                            KERAJINAN BAMBU GUNUNG SARI



                                     

Lombok merupakan pulau yang terletak di Nusa tenggara barat. Pulau ini terkenal sampai ke manca negara dengan keindahan alamnya.   Namun   ternyata Lombok tidak hanya menawarkan keindahan alamnya semata, namun juga berbagai karya seni sehingga menjadi daya tarik tersendiri yang dimili
ki Pulau Lombok. Di Pulau Lombok kita dapat mengunjungi sentra sentra industri keterampilan  kerajinan tangan yang sangat menarik.
Sangat banyak tempat-tempat industri kerajinan yang bisa dikunjungi.seperti  mengunjungi tempat industri anyaman “Wahana Bambu Wilis “ yang terletak didesa Dasan  Bare, Gunung Sari, Lombok Barat.Di tempat industri memproduksi beraneka ragam jenis anyaman dari bambu seperti tempat sepatu, sarang burung,tempat lampu,ayunan bayi,kursi, meja,sofa bambu, sang kar ayam, dan lain sebagainya.Anyaman merupakan suatu produk yang   dihasilkan dari kegiatan  me ngatur bilah-bilah seperti pandan, bambu, dan bahan lainnya tindih menindih atau  silang  menyilang.
Seni kerajinan tangan anyaman adalah karya yang unik dan rumit proses pembuatannya.   Namun usa ha untuk mempertahankannya harus di teruskan agar tidak termakan oleh perkembangan zaman. Budaya bangsa bukan hanya di lihat dari bahasa dan ragamnya saja,  tetapi juga di lihat dari hasil kar yanya yang bermutu tinggi. Warisan budaya yang unik ini harus selalu di terus di pertahankan, lestari kan dan di manfaatkan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar