Rabu, 18 November 2015

GILI BIDARA


                                                                      GILI BIDARA



Satu lagi gili cantik yang dapat ditemui ketika berjalan-jalan mengitari lautan Selat Alas. Gili Bidara namanya, yang terletak tepat di antara Gili Kapal, yaitu gili yang timbul tenggelam dan Gili Kondo. Gili Bidara terbilang gili yang ramai dengan aktifitas, karena Gili Bidara merupakan pulau yang dihuni oleh para nelayan. Walaupun bukan untuk menetap selamanya, gili ini biasanya dipakai oleh para nelayan hanya untuk persinggahan saat beristirahat setelah lelah memancing ikan, atau untuk sekedar menginap beberapa malam, sebelum pulang membawa hasil tangkapan mereka. Untuk keperluan itu, biasanya para nelayan membuat rumah bedek seadanya, sekedar untuk bisa terhindar dari sengatan sinar matahari atau guyuran hujan yang sewaktu-waktu terjadi. Mereka tak lupa memanfaatkan lahan-lahan kosong untuk menanam ubi dan sayur-sayuran yang bisa dikonsumsi ketika mereka menginap disana.


Gili ini relatif lebih dikenal karena banyaknya penghuni singgah yang tinggal disana. Tak salah jika pemerintah kabupaten Lombok Timur memberikan perhatian dengan membangun dermaga tambatan perahu sejak  tahun 2013. Terlepas dari permasalahan yang timbul dari pelaksanaan pembangunan itu, yang pasti keberadaan tambatan perahu lebih menjanjikan masa depan bagi para nelayan yang banyak menggantungkan hidupnya dan keluarga dari pekerjaan melaut.


Bagi wisatawan, keberadaan dermaga tambatan perahu akan menyajikan kesan rapi dan teratur, sekaligus menghidupkan suasana dengan aktivitas nelayan dan pengelola. Sebagai tujuan wisata, Gili Bidara tak kalah cantik dan indah dibanding gili-gili lain yang ada di dekatnya. Tumbuhan yang menghijau memberikan nuansa kesejukan disamping sajian keindahan pemandangan alam yang menawan. Menjangkaunya pun cukup mudah karena sudah tersedia fasilitas transportasi kesana. Karena letaknya berdekatan dengan Gili Kondo dan Gili Kapal, maka rute menuju Gili Bidara dari Mataram sama seperti rute ke Gili lainnya yang Berdekatan disana. Dari Narmada (Bertais) – Kopang – Masbagik – Pringgabaya – Labuhan Lombok – Sambelia – Dermaga Taman Wisata Gili Lampu atau bisa langsung ke Transad di Desa Labuhan Pandan. Tinggal ikuti saja petualangan keliling gili demi gili dan menikmati panorama yang mampu menyejukkan mata dan menenteramkan jiwa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar