Jumat, 02 Oktober 2015

Festival Seni Budaya Senggigi Lombok

 Mengenal Seni Budaya di Festival Senggigi

Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dikenal sebagai pulau yang sarat atraksi budaya. Namun jarang yang mengetahui apa saja seni budaya yang menjadi kekayaan pulau seribu masjid ini. Festival Senggigi yang digelar setiap bulan Juli adalah event yang akan memperkenalkan aneka ritual adat, budaya dan kesenian di Lombok.
Pada gelaran Festival Senggigi tahun lalu beberapa kesenian dan upacara adat yang dipertontonkan kepada masyarakat luas adalah prosesi adat pernikahan Sasak yakni Nyongkolan. Tidak hanya nyongkolan yang digelar namun bagian-bagian lain dari tata cara pernikahan yang banyak menggandung nilai budaya seperti midang yang direpresentasikan dengan tarian Ngujang Midang. Kemudian ada prosesi Penangko dimana ada beberapa rombongan yang membawa aneka macam penangko yakni barang bawaan untuk acara begawe. Dalam masyarakat Sasak begawe adalah proses selamatan atau tasyakuran yang dilakukan masyarakat dalam upacara pernikahan, khitanan atau acara-acara lainnya. Selain prosesi pernikahan, beberapa kesenian tradisional lainnya juga unjuk gigi seperti tari Rudat, tari Gandrung dan masih banyak lagi.
Festival Senggigi merupakan event promosi tahunan yang dikelola oleh dinas pariwisata Lombok Barat. . Selain karena rutin digelar, event ini selalu mendapat perhatian luas dari warga Lombok juga wisatawan baik domestik maupun asing karena kepopuleran pantai Senggigi. Pantai yang ini merupakan ikon pariwisata Lombok yang tak pernah sepi pengunjung. Tak heran jika setiap Festival Senggigi digelar, ratusan fotografer baik dari dalam maupun luar negeri selalu memadati. Aneka pertunjukkan yang dipertontonkan ternyata menarik perhatian mereka



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar