Rabu, 23 September 2015

KERAJINAN CUKLI KAMPUNG RUNGKANG LOMBOK

Memborong Kerajinan Cukli di Kampung Rungkang

Lombok dikenal sebagai kawasan penghasil perhiasan mutiara, gerabah dan tenun. Sebenarnya tidak hanya itu, pulau ini juga menyimpan potensi kerajinan cukli yang berakar dari budaya suku Sasak. Para perajin cukli ini bermukim di kampung Rungkang, Kelurahan Satang-sayang, Mataram.
Cukli adalah potongan kulit kerang mutiara yang ditempel pada aneka kerajinan kayu. Motif yang dibentuk oleh cukli ini beraneka ragam misalnya flora fauna dan ornamen primitif. Pada awalnya warga kampung ini menciptakan kerajinan periuk dan perkakas rumah tangga. Namun produknya kurang laku dipasaran. Hingga akhirnya mereka mulai mencari barang-barang antik peninggalan Sasak seperti keris, guci, keramik, berugak, pintu, jendela dan kotak antik.
Yang paling menyita perhatian adalah kotak antik seukurang 60 x 80 cm yang terbuat dari pelepah aren, enau atau pandan. Namun karena bahan-bahan itu sedikit demi sedikit sulit ditemui, maka bahan bakunya diganti dengan kayu.
Usaha yang sudah dirintis sejak tahun 1989 ini membuahkan hasil. Kini permintaan kerajinan cukli tidak hanya dari dalam negeri namun pelan-pelan memasuki pasar luar negeri. Bentuk benda yang ditempeli cukli pun kini tidak terbatas pada kotak saja namun juga furniture item yang lain seperti meja, kursi, sofa, lemari, meja rias, set meja – kursi makan, bingkai, cermin dan hiasan dinding. Souvenir cukli pun tersedia seperti asbak, tempat permen dan kalung. Koleksi antik seperti topeng, keris dan patung pun tak lepas dari sentuhan cukli.
Harga setiap produk bervariasi tergantung benda apa yang ditempeli cukli. Misalnya jika ingin memborong satu set sofa maka Anda harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 7 juta. Peti kotak berukuran 45 x 30 cm seharga Rp. 900 ribu. Rumah Anda juga bisa diperindah dengan sketsel atau pembatas ruang berhiaskan cukli seharga Rp. 4,5 juta.
Wisatawan yang datang ke Lombok bisa melihat aneka kerajinan ini di art shop yang berdiri di sepanjang jalan Rungkang Jangkuk, seperti Jambu Craft, Rara Handicraft dan masih banyak lagi. Menariknya, Anda bisa melihat dari dekat cara pembuatan kerajinan cukli dengan mampir ke rumah warga. Disana kita bisa melihat kesibukan perajin yang sedang membuat cukli siap jual. Mulai dari memotong kulit kerang mutiara, membuat motif pada kerajinan kayu, memasang kulit kerang pada kerajinan kayu, mengampelas, mendempul, pelitur hingga proses pengecatan.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar