Kamis, 21 Januari 2016

AIR TERJUN TIU BOMBONG DUSUN SEMPAKOK SANTONG KLU

                   AIR TERJUN TIU BOMBONG SEMPAKOK LOMBOK UTARA




Air terjun “Tiu Bombong”, objek wisata yang masih sangat alami, airnya yang jernih kebiru-biruan, menambah pandangan eksotik, air terjun dengan ketinggian 150 meter ini, terletak di Dusun Sempakok, Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara.Nusa Tenggara Barat.
Air terjun Tiu Bombong ini, ternyata air terjun ini merupakan salah satu lokasi wisata yang tak kalah menarik dengan air terjun yang lain di Lombok Utara. Dengan panorama alam yang alami, sejuk dan indah, siapapun yang berkunjung akan merasakan kenyamanan tersendiri bagi pengunjungnya.
Air terjun ini membawa kesan eksotik tersendiri bagi siapa saja yang memandangnya,objek wisata ini belum begitu dikenal banyak orang sehingga efeknya sepi dari kunjungan wisatawan, Padahal, memiliki keasrian yang amat indah, dan sangat bangus untuk wisata refresing atau membuang kejenuhan bagi orang yang melepas lelah dengan kesibukannya.


Tiu Bombong agak berbeda dibanding objek wisata lain yang sejenis, sebab diapit oleh dua jurang terjal dengan rona-rona pepohonan yang hijau alami, membatasi wilayah Kecamatan Gangga dan Kecamatan Kayangan. Namun ia memiliki nilai jual tinggi dan potensi wisata yang potensial berkembang dengan pesat apabila mampu dikelola dengan baik pihak terkait untuk menopang roda perekonomian masyarakat.


Tiu Bombong mengatakan, bahwa air terjun ini memeiliki sejarah panjang.
Menurut salah satu warga ,dulu kala ada orang pemburu rusa melintas di air terjun ini, kebetulan ia dilihat penduduk setempat, lalu memberi tahu kepada sang pemburu bahwa di dalam air tiu bombong ada ikan tuna besar bertanduk dan bernapas. Si pemburu pun tak jadi menyebrang air tiu ini.Bberapa tahun kemudian.ada seorang pedagang parang ingin menyebrang di sekitar Air Terjun. warga memberi tahu kepada pedagang tersebut, bahwa di sekitar air terjun tersebut ada ikan tuna besar bertanduk, tapi si pedagang tak percaya, si pedagangpun nekat menyeberang air tiu tersebut.Ketika si pedagang sampai di tengah aliran air, ikan tuna pun keluar dan beradu dengan si pedagang.namun si pedagang dapat mengalahkan ikan tuna tersebut sehingga selamat sampai tujuan. Untuk mengenang peristiwa luar biasa ini, maka air terjun itu dinamakan Tiu Bombong.Kata Bombong dalam bahasa sasak Lombok berarti beradu,bergulat menyabung nyawa.

Bagi yang ingin berkunjung ke lokasi wisata ini jangan takut dan ragu karena jalannya bagus dan tak memakan waktu lama. Jarak tempuhnya kira-kira 16 km dari Tanjung Ibu Kota Kabupaten Lombok Utara, dengan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Setelah sampai kita bisa meminta bantuan jasa guide lokal untuk mengantarkan ke tempat tujuan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar