Rabu, 03 Februari 2016

PANTAI TEBING LOMBOK

 
                                                              PANTAI TEBING LOMBOK


                                                



Pantai Tebing terletak di Dusun Luk, Desa Sambik Bangkol, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara,Provensi Nusa Tenggara Barat.
Jika kita menanyakan letak pantai Tebing kepada nelayan yanng ada di sekitar Dusun Luk ,mereka kurang mengenal nama tersebut. Mereka lebih kenal dengan Pantai Balihai.karena di dekat pantai tersebut ada gudang Balihai bir,dan ada pula yang menyebutnya Pantai Luk, karena pantai Tebing ini lokasinya di Dusun Luk. Semoga sebutan untuk Pantai Tebing ini tidak membuat anda bingung, tetapi justru memudahkan anda untuk bertanya.


Pantai Tebing berpasir hitam. pantainya sangat bersih dan air lautnya jernih,Kebersihan di Pantai Tebing ini sangat terjaga. Ini bisa dibuktikan dengan tumbuh suburnya terumbu karang di pantai ini.Dinamakan pantai Tebing, karena pantai ini mempunyai tebing yang tingginya kurang lebih 20 meter.tebing ini awalnya dari pembentukan endapan awan panas yang mengandung fragmen koral hasil tsunami akibat dari letusan Gunung Tambora pada abad 19 yaitu tepatnya tahun 1815 M.jika kita melihat bentuk tebingnya yang terlihat seperti batu kapur yang mudah pecah,Walaupun namanya pantai Tebing, tetapi pantai ini bukanlah tempat orang melakukan olah raga panjat tebing. Di pantai Tebing ini , kurang lebih 5 meter dari bibir pantai, anda akan menemui banyak orang yang memancing sambil berendam .


Untuk menuju Pantai Tebing Lombok Utara, sangat mudah. Apabila kita berangkat dari Kota Mataram yang berjarak sekitar 50 Km dari Pantai Tebing,kita membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam perjalanan. Kita bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti bis kecil maupun taxi. Sedangkan dari kota Tanjung Ibu Kota Kabupaten Lombok Utara,yang terkenal dengan kulinernya yaitu Sate Ikan Tanjung yang sangat gurih dan enak, kita hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit ke arah timur. Letak pantai Tebing ini ada di belakang SMPN 2 ini. Akses masuk dari jalan raja ke Pantai Tebing ini kurang lebih 200 meter..
Setelah anda lelah bermain dan menikmati Pantai Tebing dan air terjun yang berada di sekitarnya, anda bisa menikmati wisata kuliner seperti sate Tanjung yang berbahan dasar ikan laut.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar